Faktor Keberhasilan Chelsea Juara Liga Premier

Faktor Keberhasilan Chelsea Juara Liga Premier, Chelsea benar-benar mengesankan di Inggris pada musim 2014-15. Tim besutan Jose Mourinho itu menyabet dua gelar bergengsi di Inggris. Trofi pertama yang diraih John Terry dan kawan-kawan adalah Capital One Cup pada 1 Maret 2015. Chelsea menang 2-0 atas Tottenham Hotspurs berkat gol John Terry dan Diego Costa. Tadi malam, The Blues julukan Chelsea baru saja menobatkan diri sebagai juara Liga Premier Inggris musim ini. Kemenangan 1-0 atas Crystal Palace sudah cukup membuat The Blues menjadi sang juara. Di papan klasemen, The Blues telah mengumpulkan 83 poin dari 35 pertandingan. Dengan tiga pertandingan tersisa, jumlah poin The Blues sudah tidak bisa dikejar para pesaingnya seperti Manchester City, Arsenal ataupun Manchester United.

Faktor Keberhasilan Chelsea Juara Liga Premier

  • Taktik Brilian Mourinho

Keberhasilan Chelsea musim ini adalah cara sang manejer, Jose Mourinho. Kekuatan utama Chelsea musim ini berada di lini tengah. Para gelandang The Blues, Fabregas, Eden Hazard sampai Nemanja Matic tidak pernah lesu untuk mengejar bola demi meraih kemenangan. Gelandang The Blues paling fantastis musim ini adalah Eden Hazard. Dari 33 penampilan di Liga Premier Inggris musim ini, dia telah mencetak 13 gol. Bermain sebagai seorang winger, Hazard telah melepaskan 1508 umpan dengan persentase keberhasilan sebesar 87 persen. Tidak cuman itu saja, Pemain Timnas Belgia tersebut telah menciptakan 87 peluang untuk Chelsea.

Hazard merupakan pemain pekerja keras. Buktinya, Meski cuman mempunyai postur setinggi 173 cm, Hazard tidak gentar merebut bola dari pemain yang lebih tinggi darinya. Kesempatan Hazard untuk mencuri bola dari lawannya sebesar 65 persen.

  • Pertahanan Solid

“Kualitas serangan membuat kamu memenangkan permainan, Tapi kekuatan ini pertahanan memberikan kamu sebuah trofi”.Pepatah itu sangat cocok untuk Chelsea musim ini. Dalam 32 pertandingan Liga Premier Inggris, Chelsea hanya kebobolan 26 gol, klub kedua yang mempunyai pertahanan terbaik di Liga Premier Inggris. Tim pertamanya adalah Southampton (kemasukan 24 gol).

  • Tidak Ada Cedera Parah

Chelsea cukup beruntung. Jose Mourinho berhasil menerapkan sistem kebugaran untuk pemainnya tanpa ada yang mengalami cedera parah. The Blues baru mendapatkan masalah pemain cedera di akhir kompetisi. Mereka kehilangan Diego Costa dan Willian, Namun keduanya sudah mulai berangsur membaik.

  • Start Sempurna

Start sempurna menandai kesuksesan Chelsea di kompetisi domestik musim ini. Dalam delapan pertandingan pertama di Liga Premier Inggris, The Blues meraih tujuh kemenangan. The Blues baru menelan kekalahan pertama di Liga Premier Inggris pada 6 Desember 2014. Ketika itu, Mereka kalah 1-2 dari Newcastle United. Jika ditotal, Para paruh pertama musim 2014-15, Chelsea hanya kehilangan 5 poin. Sementara para pemain mereka, Manchester United kehilangan 19 poin, Manchester City kehilangan 12 poin dan Arsenal kehilangan 24 poin pada paruh pertama.

  • Transfer Cerdas

Musim lalu, Chelsea memiliki 3 penyerang, Yakni Fernando Torres, Demba Ba dan Samuel Eto’o. Tetapi ketiga striker itu dilepas Jose Mourinho pada bursa transfer awal musim karena tidak sesuai kriteria. Melepas tiga striker, Chelsea mendapat penyerang yang lebih hebat, Yakni Diego Costa. Dibayar dengan harga mahal dari Atletico Madrid, Costa tidak membuat kecewa tim asal London tersebut. Striker berusia 26 tahun tersebut mencetak 19 gol dari 23 pertandingan Liga Premier Inggris musim ini. Selain Costa, The Blues juga sukses mendatangkan gelandang asal Spanyol, Cesc Fabregas dari Barcelona. Eks kapten Arsenal itu bahkan bisa menjadi raja assists di Inggris. Dia telah mencatatkan 17 assists.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *