Sejarah Liga Inggris dari Awal Dibentuk Sampai Era Premier League

Sejarah Liga Inggris, Liga Inggris sebagai salah satunya liga sepakbola terpopuler di dunia. Persaingan Liga Inggris jadi liga paling tua di sepakbola dibandingkan liga negara lain, karena telah diawali semenjak tahun 1888. Sekarang ini persaingan kelas khusus di Inggris ialah Premier League, pola Sejarah baru yang diawali semenjak tahun 1992. Awalnya persaingan paling atas di Inggris namanya Football League First Divisi atau Seksi Khusus.

Tentu saja persaingan Liga Inggris juga mempunyai riwayat pembangunan yang panjang mulai dari zaman awalnya di era 19, selanjutnya masuk zaman Perang Dunia II sampai ke arah zaman Premier League yang lebih kekinian. Berikut sebagai riwayat Liga Inggris dari sejak awalnya berdiri sampai saat ini secara lengkap up-date terkini.

Sejarah Sepak Bola di Abad 19

Olahraga sepakbola di-claim pertama diketemukan di negara Inggris. Di era 19, warga Inggris telah banyak yang bermain bola. Inggris mulai meningkatkan sepakbola ke arah olahraga yang lebih terkenal. Club sepakbola pertama kali yang dibangun ialah Sheffield FC pada tahun 1857, sebagai club paling tua di dunia. Semenjak itu, banyak club sepakbola yang lain berdiri di Inggris.

Ketentuan sepakbola mulai diseragamkan supaya terbentuk ketentuan baku sepakbola yang dipakai dimana saja. Pada tahun 1863 berdiri The Football Association atau FA, yang disebut liga sepakbola khusus di Inggris. Kemudian persaingan Piala FA juga pertama diadakan pada tahun 1871, jadi kompetisi paling tua di dunia yang aktif sampai sekarang ini. Tim nasional Inggris juga tercipta dan laga internasional pertama di antara Inggris menantang Skotlandia terjadi pada tahun 1870.

Awalannya sepakbola cuman dimainkan pada tingkat pemula saja. Sepakbola professional dilarang di Inggris waktu itu hingga tidak ada club atau pemain professional seperti sekarang ini. Ini sempat memacu kontra dan pro. Baru di tahun 185, sepakbola professional mulai dibolehkan oleh FA. Hal itu selanjutnya menggerakkan dibuatnya sebuah persaingan liga baru yang memayungi club .

Awal Berdiri Football League

Keperluan akan persaingan liga sepakbola reguler yang lebih bersaing juga terus muncul. Pada akhirnya di tahun 1888, dibuat persaingan baru namanya Football League. Persaingan itu pertama dibuat oleh direktur Aston Villa waktu itu, William McGregor. Anggota awalnya dari Football League terbagi dalam 12 club, yakni Blackburn Rovers, Burnley, Bolton Wanderers, Accrington, Everton, Preston North End, Aston Villa, Derby County, Notts County, Stoke City, West Bromwich Albion dan Wolverhampton Wanderers.

Pada musim pertama Football League, Preston North End sukses jadi juara pertama kali dalam riwayat Liga Inggris. Klub-klub yang lain juara di awal mula persaingan Liga Inggris diantaranya ialah Aston Villa, Everton, Sunderland dan Sheffield United. Awalannya Football League cuman berisi satu seksi saja, tetapi sesudah banyak club yang lain mendaftarkan, Football League mulai mengaplikasikan mekanisme dua seksi, yakni First Divisi dan Second Divisi.

Sepanjang sekian tahun di depan, persaingan Liga Inggris semakin berkembang. Pada musim 1905-06, keseluruhan 40 club yang turut serta yang terdiri jadi dua seksi. Saat Perang Dunia I, Liga Inggris sempat disetop sementara dan kembali diawali sesudah perang selesai. Hal sama terjadi saat Perang Dunia II (1939-1946). Awal tahun 1920 ada Seksi 3 untuk menampung tambahan club yang lain dipisah jadi daerah Utara dan Selatan. Pada tahun 1924, keseluruhan 88 club yang tercatat di Football League.

Sejarah Liga Inggris Era 50an sampai 80an

Di zaman 50an dan 60an, Wolverhampton Wanderers menjadi satu diantara club Inggris paling sukses. Wolves seringkali menaklukkan club negara Eropa lain dalam laga pertemanan. Ini yang selanjutnya jadi awalnya terciptanya persaingan European Cup atau Liga Champions yang menghadapkan tim-tim dari negara Eropa. Liga Inggris pertama berperan serta di persaingan Eropa, yakni European Cup mulai musim 1956-57 yang diwakilkan oleh Manchester United. Diakhir 50an, terjadi Bencana Munich, yakni kecelakaan pesawat yang bawa tim Manchester United waktu itu.

Pada tahun 1963, Tottenham jadi club Inggris pertama kali yang juara di persaingan Eropa, yaitu Winners Cup. Keberhasilan club Inggris menyebar pada tim tim nasional Inggris yang sukses jadi juara Piala Dunia pada tahun 1966 dengan menaklukkan Jerman Barat di final. Masa akhir 70an dan awalnya 80an jadi periode keemasan club Inggris di Eropa, di mana Liverpool (4 kali), Nottingham Forest (2x) dan Aston Villa (1 kali) sukses jadi juara Liga Champions.

Pada tahun 1985 terjadi bencana Heysel di mana tingkah dari penggemar Liverpool menyebabkan kematian 39 supporter Juventus saat ke-2 nya berjumpa di final Liga Champions. Mengakibatkan club Inggris selanjutnya dilarang untuk bersaing di tingkat Eropa sepanjang lima tahun. Ini diperburuk dengan berlangsungnya bencana Hillsborough pada tahun 1989. Ini membuat persaingan Liga Inggris jadi menurun hingga beberapa pemain yang berpindah ke club di liga lain. Liga Inggris dirasakan kalah berkompetisi dengan Serie A Italia atau La Liga Spanyol.

Tahun akhir 80an memang jadi titik kemerosotan untuk persepakbolaan Inggris. Beragam permasalahan dimulai dari kekerasan supporter, sarana stadion yang kurang pantas, hukuman dari UEFA untuk club Inggris dan jumlahnya pemain terbaik Liga Inggris yang berpindah ke club luar negeri jadi pemicunya. Faksi kewenangan Liga Inggris juga berbenah. Ketentuan mengenai stadion juga diaplikasikan. Banyak pula club Inggris sebagai usaha hingga datangkan keuntungan keuangan untuk operasi club itu.

Era Premier League

Diakhir musim 1991-92, sebuah proposal disodorkan untuk membuat suatu liga baru yang hendak datangkan keuntungan uang lebih. Pada 17 Juli 1991, The Founder Members Agremenet disepakati untuk membuat liga baru namanya FA Premier League. Premier League memperoleh keuntungan keuangan besar dari hak siar TV Sky Sports dan sponsor lain. Hasilnya tim-tim Premier League akan lebih kaya dan siap berkompetisi dengan club Eropa lain.

Premier League juga jadi persaingan kelas khusus di mekanisme Liga Inggris. Sementara Football League yang terbagi dalam 4 seksi (First Divisi, Second Divisi, Third Divisi, Fourth Divisi) ada di bawah kelas Premier League. Mekanisme promosi-degradasi masih tetap diaplikasikan di setiap seksi. Musim 1992-93 jadi musim pertama Premier League yang dituruti oleh 22 club, di mana Manchester United keluar sebagai juara.

Sekarang, Liga Inggris atau Premier League berkembang jadi liga paling populer di dunia dan jadi liga terbanyak dilihat di dunia. Dengan hak siar dan keuntungan yang sanagt besar, club klub Inggris juga banyak memimpin daftar club paling kaya di dunia. Liverpool masih tetap jadi club paling sukses di zaman Football League, dan Manchester United jadi club paling sukses di zaman Premier League dan dalam Sejarah Liga Inggris.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *